SELAMAT DATANG DI BLOG MATEMATIKA PAK EKO SMP 2 NGANJUK - JAWA TIMUR - INDONESIA
Blog ini sebagai sarana berbagi informasi dan pengetahuan dalam bidang pendidikan khususnya mata pelajaran matematika
KITA GURU MATEMATIKA,KITA ADALAH SAUDARA

24 Juni 2014

Pelatiohan Guru Sasaran K13 di SMP 1 Kertosono


Pak Ali Serius,,,,,,, liat apa paak
Erik Valentino, 24 Juni 2014-06-24 ( Nara sumber Nasional K13 )
Ada suatu pertanyaan yang sering muncul saat pelatihan IN K13 kemarin. Baik IN di Jatim maupun IN di Jateng. Ternyata pertanyaan ini pun muncul saat IN melatih GS. Pertanyaan intinya seperti ini.
"Untuk KD yang hanya ada di KI 3 dan tidak ada di KI 4, apakah kita wajib menilai keterampilan?"
Sy coba sampaikan hasil diskusi sy dengan Prof. Abdullah Alkaf selaku Tim tim pengembang Kurikulum 2013 Kemendikbud. Beliau menjawab "Iya harus"
Itu lah alasannya mengapa di setiap akhir Bab pada Buku Siswa selalu minimal ada 1 Tugas Projek (Aspek keterampilan). Ini adalah pesan langsung Prof. Alkaf.
Nah, terus bagaimana ini? Secara keilmuan, kita tidak boleh mengembangkan indikator suatu KD melebihi KD itu. Lalu bagaimana acuan kita dalam menilai keterampilan siswa?
Acuannya adalah SKL yang dijabarkan dalam bentuk KI. Di dalam SKL ada tiga aspek yang harus dicapai oleh siswam, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sehingga dalam 1 Bab (1 KD Pengetahuan) kita wajib melatih keterampilan kepada anak. Keterampilan itu bisa keterampilan berfikir, bisa juga keterampilan psikomotor.
Macam cara menilainya ada 3, Unjuk kerja, Projek, atau Portofolio.
Dalam 1 bab sebisa mungkin minimal 1 dari 3 cara penilaian keterampilan itu dilakukan oleh guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar